Sintaks: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol. 1 No. 2 (2021)

Analisis Kendala Guru dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 3 Medan

Feby Mutiara Nababan (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala guru dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2020/2021. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah guru-guru, kepala sekolah dengan jumlah 5 orang. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah 4 (empat) guru, kepala sekolah di SMP Negeri 3 Medan dan peneliti sendiri. Sesuai fokus masalah penelitian ini ditemukan hasil penelitian sebagai simpulan: (1) Kendala dalam perencanaan pembelajaran daring yang pertama yaitu, siswa yang tidak memiliki perangkat handphone atau laptop. Siswa kelas VII SMP Negeri 3 Medan berjumlah 352 orang siswa, dan siswa yang tidak memiliki perangkat handphone atau laptop berjumlah 31 (08,8%) orang. Yang kedua, minimnya metode dan model pembelajaran yang guru gunakan. Yang ketiga, jaringan internet yang tidak stabil. Yang keempat, guru tidak memilih media pembelajaran yang relevan dengan pembelajaran daring, dari keempat guru yang mengisi angket terdapat 3 (75%) orang guru yang tidak memilih media pembelajaran yang relevan dengan pembelajaran daring. Yang kelima, guru kurang memahami teknologi karena umur yang sudah menua. Yang kelima, materi suit diterima siswa. (2) Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran daring yang pertama yaitu, pembelajaran tidak efektif. Yang kedua, pembelajaran daring tidak berjalan dua arah. Yang ketiga, terdapat 12 (03,4%) orang siswa tidak mengikuti pembelajaran daring dari keseluruhan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Medan yaitu 352 orang. Yang kelima, pembelajaran cenderung tugas online. Yang keenam, guru tidak tahu menghadapi masalah pembelajaran daring di luar kebijakan sekolah. (3) Kendala dalam evaluasi pembelajaran daring yang pertama yaitu, nilai-nilai siswa yang rendah saat pembelajaran daring. Yang kedua, guru tidak mengetahui apakah tugas dan ujian yang dikerjakan oleh siswa benar-benar mereka pahami atau hanya copy paste 100% dari internet. Yang ketiga. siswa tidak mengerjakan tugas tepat waktu.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

SIN

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Sintaks: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia is a peer-reviewed journal by Medan Resource Center. This journal accepts articles related to the Indonesian language; literature; language education; Classroom Action Research; literature review; learning material and media development; and learning ...