Jurnal Pengabdian West Science
Vol 2 No 03 (2023): Jurnal Pengabdian West Science

Pemberdayaan UMKM Melalui Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal

Nuryati Solapari (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Siti Shofiah (Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan)
Indra Tjahyadi (Universitas Panca Marga)
Rinovian Rais (Unindra PGRI Jakarta)
Gamar Al Haddar (Universitas Widya Gama Mahakam)
Yohanes Susanto (Universitas Bina Insan)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Social Marketing adalah penerapan prinsip dan teknik pemasaran pada upaya-upaya melakukan perubahan sosial yang positif, misalnya kampanye bahaya merokok, peningkatan partisipasi masyarakat dalam program keluarga berencana (KB), penyadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai, dan penggunaan kondom untuk hubungan seks yang aman. Tujuan dari diterapkan social marketing atau pengabdian ini adalah tidak untuk menghasilkan keuntungan tapi untuk mencapai tujuan dan kesuksesan sosial. Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dengan survei dan observasi. Adapun hasil dari pengabdian ini yaitu kita dapat mengetahui jika suatu promosi sangat penting dilakukan terutama pada UMKM di era digital. Kegiatan yang kami lakukan untuk mengembangkan usaha UMKM tersebut yaitu dengan mendaftarkan UMKM ini kepada e-commers pesan antar, membuat brosur untuk promosi, memasang baliho, membuatkan daftar menu, membuatkan logo usaha dan juga dengan membantu dalam mempromosikannya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpws

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian West Science adalah jurnal ilmiah multidisiplin yang diterbitkan oleh Westscience Press. Di tingkat nasional banyak sekali masalah-masalah umum atau isu-isu yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat. Publikasi jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan pemikiran atau gagasan ...