Jurnal TARBIYA
Vol 1, No 1 (2015): Jurnal TARBIYA

Lembaga Pendidikan Islam di Nusantara

KM. Akhiruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2015

Abstract

Pembangunan nasional di bidang pendidikan mempunyai makna dan peranan yang sangat urgen dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat berbudaya. Semantara itu pelaksananaan di bidang pendidikan merupakan tanggungjawab bersama baik pemerintah maupun masyarakat. Tanggung jawab tersebut sebagaimana diamanatkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alenia IV dan pasal 31 Undang-Undang dasar 1945. Pembangunan tersebut di Indonesia dilaksanakan oleh berbagai lembaga pendidikan baik pendidikan umum maupun pendidikan agama (Islam) yang mempunyai latar belakang yang berbeda. Adapun diantara lembaga pendidikan Islam yang dibangun dan berkembang di Indonesia antara lain adalah; pesantren, surau, meunasah, dan madrasah. Pesantren merupakan salah satu jenis pendidikan Islam Indonesia yang bersifat tradisional dan juga modern untuk mendalami ilmu agama Islam, dan mengimpilimentasikannya dalam kehidupan sehari-hari dengan penekanan pada moral dalam hidup bermasyarakat, sedangkan surau adalah sebuah tempat ibadah yang pertama kali berdiri di sumatra barat tepatnya di minangkabau yang mana saat ini dijadikan sebagai sarana pendidikan agama. Lembaga pendidikan lain yang telah terbangun di Indonesia adalah meunasah. Meunasah merupakan pendidikan Islam terendah. Meunasah berasal dari kata bahasa arab “madrasah”. Meunasah itu sendiri sering dijadikan sebagai tempat upacara keagamaan, penerimaan zakat, dan kegiatan keagamaan lainnya. Lembaga pendidikan keempat yang akan penulis bahas dalam makalah ini adalah madrasah. Sebagaimana meunasah, madrasah juga berasal dar bahasa arab yaitu “madrasatun” kata kerjanya “darasa” dalam bentuk “makan” (tempat) yang berarti tempat belajar bagi murid atau siswa. Dalam sejarahnya, perkembangan lembaga pendidikan Islam yang ada di Indonesia, mempunyai latar belakang, corak, dan peranan yang berbeda, serta perjuangan dalam mewujudkan lembaga-lembaga pendidikan yang bernuansa islami tersebut, bagi para ulama tidaklah mudah. Dengan demikian, dalam kajian ini akan dibahas sejarah, latar belakang munculnya pendidikan Islam di nusantara, dan perkembangannya keempat lembaga tersebut.

Copyrights © 2015