Asian Journal of Applied Education
Vol. 1 No. 1 (2022): October 2022

Perbandingan Tata Kelola Desa Pusuk 1 dengan Desa Purba Manalu Kabupaten Humbang Hasundutan

Yuli Simatupang (Universitas Negeri Medan)
Englin Sianturi (Universitas Negeri Medan)
Reh Bungana Br Perangin-angin (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2022

Abstract

Tata kelola desa yang baik berarti desa memiliki sasaran yang akan dicapai sesuai dengan landasan maupun visi dan misi yang telah dirancang untuk melaksanakan seluruh program atau kegiatan dan juga memberdayakan masyarakat serta dapat meningkatkan daya saing desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membandingkan bagaimana Tata Kelola Desa Pusuk 1 Dengan Desa Purba Manalu Kabuaten Humbang Hasundutan. Subjek dalam penelitian ini ada 7 (tujuh) orang yaitu: Kepala Desa, Bendahara Desa, Kepala Bidang Pemerintahan, Kepala Dusun, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Tokoh Masyarakat. Dilaksanakan pada 4-6 Mei 2022 di Desa Pusuk 1 dan Desa Purba Manalu. Menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Adapun hasil dalam penelitian ini yaitu bahwasannnya setiap desa memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing bidangnya, contohnya perbandingan pengelolaan yang ada di Desa Pusuk 1 dengan Desa Purba Manalu yaitu: di Desa Pusuk 1sampai saat ini belum terdapat BUMDes namun memiliki kelompok tani dan kelompok ternak, sedangkan di Desa Purba Manalu sudah terdapat BUMDes namun belum memiliki kelompok ternak. Maka dari itu setiap kekurangan tersebut perlu dibenahi guna menciptakan pembangunan desa yang berkelanjutan dan good governance.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ajae

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Asian Journal of Applied Education (AJAE) is a scholarly, peer-reviewed journal published by Formosa Publisher that provides a platform for unpublished articles on contemporary educational issues. It encourages debate, both theoretical and practical, on a wide range of topics representing various ...