Berdasarkan data hasil penelitian yang dilakukan oleh Cambridge International melalui Global Education Census menyatakan bahwa 67% siswa Indonesia menggunakan ponsel pintar di kelas, sedangkan guru di Indonesia 90% masih menggunakan papan tulis saat mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah media pembelajaran yaitu Buku Pintar berbasis QR Code yang memungkinkan siswa lebih mudah mengakses materi pembelajaran secara digital sehingga dapat beradaptasi dengan kebiasaan siswa di kelas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 3D (Design, Develop, dan Deliver) dan dua teknik analisis data, yaitu: analisis data kevalidan dan analisis data respon siswa. Prosedur pembuatan Buku Pintar Matematika Berbasis QR Code menggunakan fungsi teknologi yaitu: QR Code, QR Scanner, dan Google Drive. Setelah proses pembuatan, dilakukan validasi media dan materi. Hasil validasi tersebut menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 3,83 dan 4 yang berada pada kategori sangat layak. Berdasarkan hasil uji coba dengan 6 responden menunjukkan respon siswa baik. Oleh karena itu, berdasarkan validasi dan uji coba dapat disimpulkan bahwa media Buku Pintar Matematika dapat mengatasi kesenjangan pembelajaran siswa dimana siswa lebih sering menggunakan smartphone di kelas.
Copyrights © 2023