JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Pengembangan Video Tutorial Desain Busana Secara Digital dengan Adobe Illustrator pada Kelas XII SMK Katolik Mater Amabilis Surabaya

Jasmine Nadhiyfa Syanni (Program Studi Pendidikan Tata Busana, Universitas Negeri Surabaya)
Lutfiyah Hidayati (Program Studi Pendidikan Tata Busana, Universitas Negeri Surabaya)
Inty Nahari (Program Studi Pendidikan Tata Busana, Universitas Negeri Surabaya)
Nashikhah Nashikhah (Program Studi Pendidikan Tata Busana, Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
19 May 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada 13 siswa kelas XII Tata Busana SMK Katolik Mater Amabilis Surabaya di bulan Oktober 2021 dengan permasalahan belum ada media pembelajaran desain busana secara digital dan tingkat ketuntasan belajar siswa hanya 65% yang seharusnya minimal 75%. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan tingkat kelayakan media pembelajaran video tutorial; (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah diberikan media video tutorial. Metode yang digunakan Penelitian dan Pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Media video divalidasi oleh ahli media dan ahli materi menggunakan lembar penilaian kelayakan media tutorial dan diterapkan di kelas berupa penugasan dengan instrumen lembar soal tugas. Data diolah menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menyatakan (1) tingkat kelayakan video tutorial desain busana dari kedua ahli mencapai skor rata-rata 4,4 yang tergolong sangat layak; dan (2) hasil ketuntasan belajar siswa dalam membuat desain busana dengan bantuan video tutorial mencapai 100% yang tergolong tuntas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...