Penelitian ini dilakukan pada 13 siswa kelas XII Tata Busana SMK Katolik Mater Amabilis Surabaya di bulan Oktober 2021 dengan permasalahan belum ada media pembelajaran desain busana secara digital dan tingkat ketuntasan belajar siswa hanya 65% yang seharusnya minimal 75%. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan tingkat kelayakan media pembelajaran video tutorial; (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah diberikan media video tutorial. Metode yang digunakan Penelitian dan Pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Media video divalidasi oleh ahli media dan ahli materi menggunakan lembar penilaian kelayakan media tutorial dan diterapkan di kelas berupa penugasan dengan instrumen lembar soal tugas. Data diolah menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menyatakan (1) tingkat kelayakan video tutorial desain busana dari kedua ahli mencapai skor rata-rata 4,4 yang tergolong sangat layak; dan (2) hasil ketuntasan belajar siswa dalam membuat desain busana dengan bantuan video tutorial mencapai 100% yang tergolong tuntas.
Copyrights © 2023