Seminar Nasional Insinyur Profesional (SNIP)
Vol. 3 No. 1 (2023): Prosiding SNIP Vol.3 No.1

Work Method Statement Spesific Pekerjaan Soil Improvement PVD + PHD + Vacuum Preloading pada Sta. 48+450 – 48+850 Proyek Kayu Agung – Palembang – Betung Paket II Seksi 2

Iqbal Attaqi Abel (Unknown)
Aleksander Purba (Unknown)
Dikpride Despa (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2023

Abstract

Pembangunan infrastruktur seperti konstruksi jalan tol merupakan salah satu tujuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dimana tujuan dan manfaat dalam penyelengaraan pembangunan jalan tol merupakan salah satu wujud untuk menciptakan perkembangan pertumbuhan ekonomi dan sosial. Jalan Tol Trans Sumatera adalah jaringan Jalan Tol sepanjang 2.818 Km yang merupakan terpanjang di Indonesia untuk saat ini. Pembangunan Jalan Tol yang menghubungkan kota-kota mulai dari Lampung hingga Aceh. Jalan tol Kayu Agung – Palembang – Betung merupakan investasi dari PT. Waskita Sriwijaya Tol sepanjang 111 Km sebagai konektivitas Tol Trans Sumatera dari Lampung hingga Aceh. Konstruksi Jalan Tol Kayu Agung - Palembang – Betung melintasi sungai Ogan, Kramasan, dan Musi dimana konstruksi dilaksanakan di atas tanah rawa yang berdasarkan hasil soil investigation didapatkan hasil kedalaman tanah lunak bervariatif dari 20 – 40 m. Dengan kondisi tersebut dan berbagai macam pertimbangan dari segi biaya, mutu, dan waktu dipilihlah metode pelaksanaan soil improvement dengan menggunakan PVD + PHD + Vacuum Preloading. Metode pelaksanaan dibagi menjadi 4 flow antara lain : persiapan teknis, install PVD + PHD, vacuum system, dan final report. Setiap tahapan pelaksanaan harus mengacu pada code standard yang berlaku di Indonesia dan juga harus memperhatikan unsur HSE atau K3 guna tercapainya fungsi investasi yang berorientasi pada biaya, mutu, dan waktu.

Copyrights © 2023