Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hipotesis terhadap pelaksanaan wewenang supervisordalam rangka supervisi akademik dalam perbaikan pembelajaran berkelanjutan di sekolah dasar.Berdasarkan tujuan dan permasalahan yang diteliti, metode yang digunakan dalam penelitian iniadalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai denganAgustus 2020, dengan tempat penelitian di Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah. Fokus dalampenelitian ini adalah mendeskripsikan kewenangan supervisoi akademik dalam perbaikanpembelajaran berkelanjutan melalui analisa kesenjangan/gap yang terjadi untuk dicari akarpermasalahannya dan kemudian ditarik kesimpulannya. Teknik observasi, teknik wawancara, danteknik dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Hasilpenelitian ini berupa hipotesis bahwa komitmen terhadap tanggungjawab dalam wewenang yangmelekat pada diri supervisor melalui bimbingan berkelanjutan, penjadwalan, dan motivasi denganpendekatan yang berbasis kombinasi antara pendekatan behaviouristik, kognitifistik, sertahumanistik menjadi hal mendasar dan berpengaruh terhadap terciptanya peningkatan kualitaspembelajaran secara berkelanjutan di sekolah dasar demi tercapainya output pembelajaran sesuaidengan standar kompetensi lulusan.
Copyrights © 2020