Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN)
Vol 10 No 3 (2022)

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI TEHNIK PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-BDP1 SMK NEGERI 1 JOMBANG

Fatihatin Naiyiroh (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran Project Based learning sebagai usaha untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas X-BDP 1 Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 1 Jombang pada mata pelajaran Komunikasi Bisnis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Data yang didapat adalah data dari hasil observasi pelaksanaan kegiatan oleh guru dan siswa, observasi keaktifan dan soal tes akhir siklus. Ada 2 Siklus dalam penelitian ini, Siklus pertama dengan model ceramah materi teknik promosi periklanan dan tehnik promosi penjualan kemudian diberikan test untuk mengetahui hasilnya. Siklus dua dengan model PBL di mana siswa harus menghasilkan suatu project dalam proses pembelajaran, siswa secata individu untuk membuat desain teknik promosi point of purchase. Kemudian dilakukan tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Dalam siklus II disamping ada hasil kognitif juga ada hasil psikomotorik (gambar tehnik promosi Point of Purchase). Penelitian ini dilakukan di kelas X-BDP 1 tahun ajaran 2021/2022 SMKN 1 Jombang dengan jumlah 34 siswa. Hasil penelitian menggambarkan setelah diterapkan model PBL didalam siklus I hasil belajar siswa yang dibawah KKM ada 13 siswa, pada siklus II turun menjadi 6 siswa yang dibawah KKM. Rata-rata nilai pada siklus I 72,5 rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 81,4. Disimpulkan bahwa dengan sedikit upaya KBM akan menjadi menyenangkan dan hasil belajar siswa semakin meningkat

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptn

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran di bidang pembelajaran pendidikan bisnis/tata niaga serta di bidang ilmu bisnis dan perniagaan yang dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), lembaga pendidikan tinggi, serta dunia usaha dan dunia industri yang meliputi: Pembelajaran ...