Aljabar sebagai salah satu bidang kajian dalam Matematika belum diajarkan dalam konsep tertentu dalam pembelajaran sekolah dasar, namun konsep operasi hitung dan sifat-sifatnya sudah diajarkan. Pembelajaran aljabar membutuhkan kemampuan memahami konsep, simbol-simbol, operasi dan aturan-aturannya. Proses ini mengeksplorasi penalaran aljabar yang di dalamnya memuat keterampilan memahami pola-pola dan membuat generalisasinya. Pengenalan penalaran aljabar dalam tingkat sekolah dasar memerlukan kompetensi baru guru karena sebagian besar guru ini memiliki sedikit pengalaman dengan aspek penalaran aljabar yang kaya dan terhubung. Penelitian ini bertujuan memperkenalkan dan menerapkan penalaran aljabar sesuai dengan materi yang sudah diajarkan di sekolah dasar sehingga dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar Matematika. Penelitian ini menggabungkan kerangka poin dan level penalaran aljabar bersesuaian dengan objek penelitian. Penyampaian materi dan soal akan mendorong siswa untuk memahami dan mengaplikasi penalaran aljabar dalam memahami lebih dalam materi Matematika yang sudah dipelajari sebelumnya.
Copyrights © 2023