JURNAL CURERE
Vol 7, No 1 (2023): Jurnal Curere

KEMAMPUAN PENALARAN ALJABAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR

Juli Loisiana Butar-Butar (Universitas Quality Berastagi)
Wina Duwi Lara (Universitas Quality Berastagi)
Desi Alyya Putri (Universitas Quality Berastagi)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Aljabar sebagai salah satu bidang kajian dalam Matematika belum diajarkan dalam konsep tertentu dalam pembelajaran sekolah dasar, namun konsep operasi hitung dan sifat-sifatnya sudah diajarkan. Pembelajaran aljabar membutuhkan kemampuan memahami konsep, simbol-simbol, operasi dan aturan-aturannya. Proses ini mengeksplorasi penalaran aljabar yang di dalamnya memuat keterampilan memahami pola-pola dan membuat generalisasinya. Pengenalan penalaran aljabar dalam tingkat sekolah dasar memerlukan kompetensi baru guru karena sebagian besar guru ini memiliki sedikit pengalaman dengan aspek penalaran aljabar yang kaya dan terhubung. Penelitian ini bertujuan memperkenalkan dan menerapkan penalaran aljabar sesuai dengan materi yang sudah diajarkan di sekolah dasar sehingga dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar Matematika. Penelitian ini menggabungkan kerangka poin dan level penalaran aljabar bersesuaian dengan objek penelitian. Penyampaian materi dan soal akan mendorong siswa untuk memahami dan mengaplikasi penalaran aljabar dalam memahami lebih dalam materi Matematika yang sudah dipelajari sebelumnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

CURERE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal contains writings on the results of research in the field of Teacher Training either from Universitas Quality Lecturers and or from the others. The scopes of the research includes curriculum, teaching- learning, evaluation, quality education, management, and education ...