JURNAL CURERE
Vol 7, No 1 (2023): Jurnal Curere

PERAMALAN JUMLAH PENDUDUK DI KABUPATEN KARO PADA TAHUN 2050 DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STOKASTIK

Ferdinand Sinuhaji (UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Data jumlah penduduk kabupaten karo dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2020 oleh (BPS) Kabupaten Karo mengalami peningkatan dengan trend grafik menaik. Pada penelitian ini meramalkan jumlah penduduk di kabupaten Karo pada tahun 2050 berdasarkan data kelahiran, data kematian, dan perpindahan. Dari fakta yang ada, faktor – faktor kelahiran, data kematian dan perpindahan yang berpegaruh terhadap pertumbuhan penduduk di kabupaten karo menarik untuk dianalisis. Dari data tersebut dapat dimodelkan dengan model stokastik. Pertumbuhan penduduk dan jumlah penduduk kabupaten karo dapat dihitung dengan pola angka kelahiran, kematian, dan perpindahan. Proses kelahiran, kematian tersebut merupakan proses poisson. Oleh karena itu diperlukan model stokastik untuk meramalkan jumlah penduduk di kabupaten Karo. Penelitian ini bertujuan untuk membuat model stokastik pertumbuhan penduduk menggunakan perhitungan pola kelahiran, kematian dan perpindahan sehingga dapat meramalkan jumlah penduduk kabupaten karo yang akan datang (2050) dengan menggunakan asumsi pembuatan model stokastik pertumbuhan penduduk dan menganalisis data tersebut dengan tren. Data tersebut diolah dengan menggunakan analisis tren dan metode penggabungan. Hasil peramalan jumlah penduduk kabupaten karo yang belum dapat diketahui jumlah penduduknya pada tahun 2050 adalah 601.209 penduduk dan pada tahun 2051 adalah 608.424 penduduk. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

CURERE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal contains writings on the results of research in the field of Teacher Training either from Universitas Quality Lecturers and or from the others. The scopes of the research includes curriculum, teaching- learning, evaluation, quality education, management, and education ...