Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan memetakan hasil â hasil penelitian pendidikan mahasiswa PS. Pendidikan Fisika FKIP Unram. Metode penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus (casus study research). Variabel lain yang terlibat dalam penelitian ini adalah subjek penelitian, jenis- jenis penelitian, bidang kajian penelitian, isu-dan isu bidang pendidikan. Subjek penelitian ini adalah hasil penelitian akhir atau skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unram selama kurun waktu 6 tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukan bahwa subjek penelitian yang paling banyak diteliti oleh mahasiswa adalah SMP/MTs, jenis penelitiannya kategori penelitian eksperimen. Sedangkan isu-isu utama penelitian pendidikan yang banyak diteliti oleh mahasiawa adalah model pembelajaran dan metode pembelajaran, sedangkan isu âisu skunder yang paling banyak diteliti adalah hasil belajar dan prestasi belajar.Isu-isu pendidikan yang masih memungkinkan diteliti lebih lanjut adalah keadaan lab,gay kognitif, life skills, keterampilan berpikir, pendalaman konsep, dan miskonsepsi. Kategori jenis penelitian pengembangan perlu diarahkan ke siswa. Hasil pemetaan ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi dosen â dosen di lingkungan PS. Pendidikan Fisika dalam mengarahkan dan menentukan judul penelitian yang diajukan oleh mahasiswa. Pemetaan hasil penelitian ini memungkinkan adanya pengembangan jenis penelitian, variabel, desain, isu atau kajian penelitian yang memungkinkan diteliti lebih lanjut oleh mahasiswa.
Copyrights © 2015