ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa semester satu Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram tahun akademik 2007/2008 pada mata kuliah biologi dasar. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah bila tes hasil belajar mahasiswa mencapai skor rata-rata 70,0. Kriteria motivasi belajar sangat tinggi (skor motivasi 64 - 80), tinggi (48 â 63), rendah (32 â 47) dan sangat rendah (20-31). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi pembelajaran kooperatif metode jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa S1 Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram pada matakuliah biologi dasar. 48% mahasiswa memiliki motivasi belajar sangat tinggi , 52% mahasiswa memiliki motivasi tinggi dan 0% mahasiswa memiliki motivasi belajar rendah dan sangat rendah. (2) Implementasi pembelajaran kooperatif metode jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa S1 Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram pada matakuliah biologi dasar. Hal ini dibuktikan dengan dicapainya rata-rata kelas dengan skor 73,60           Kata-kata kunci: Pembelajaran kooperatif, motivasi, hasil belajar
Copyrights © 2009