JURNAL PIJAR
Vol 4, No 1 (2009)

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNIVERSITAS MATARAM PADA MATAKULIAH BIOLOGI DASAR

Raksun, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2009

Abstract

 ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa semester satu Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram tahun akademik 2007/2008 pada mata kuliah biologi dasar. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah bila tes hasil belajar mahasiswa  mencapai skor rata-rata 70,0.  Kriteria motivasi belajar sangat tinggi (skor motivasi 64 - 80), tinggi  (48 – 63), rendah (32 – 47) dan sangat rendah (20-31).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi pembelajaran kooperatif metode jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar  mahasiswa S1 Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram pada matakuliah biologi dasar. 48% mahasiswa memiliki motivasi belajar sangat tinggi , 52% mahasiswa memiliki motivasi tinggi dan 0% mahasiswa memiliki motivasi belajar rendah dan sangat rendah. (2) Implementasi pembelajaran kooperatif metode jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa S1 Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram pada matakuliah biologi dasar. Hal ini dibuktikan dengan dicapainya rata-rata kelas dengan skor  73,60           Kata-kata kunci: Pembelajaran kooperatif, motivasi, hasil belajar

Copyrights © 2009






Journal Info

Abbrev

PIJAR

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics

Description

Merupakan jurnal dengan akses terbuka (Open Access Journal) yang diterbitkan oleh Jurusan PMIPA FKIP Universitas Mataram, memuat artikel ilmiah baik berupa: 1. HASIL PENELITIAN. 2. LAPORAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT,3. KAJIAN PUSTAKA.Terbit setiap 6 bulan sekali (Maret dan September), mencakup ...