Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Fakultas Teknik
Vol 1, No 1 (2015): PROSIDING SEMINAR NASIONAL SAINS DAN TEKNOLOGI 6 2015

EVALUASI PERPUSTAKAAN DIGITAL PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN KARAKTERISTIK PERPUSTAKAAN DIGITAL

Dimas Sasongko (Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada Jl. Grafika No.2 Kampus UGM, Yogyakarta55281.)
Rudy Hartanto (Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada Jl. Grafika No.2 Kampus UGM, Yogyakarta55281.)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2015

Abstract

Perpustakaan perguruan tinggi merupakan organisasi yang memiliki peran penting dalam mengumpulkan dan menyebarkan informasi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat guna membantu perguruan tinggi mencapai tujuannya yaitu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Perpustakaan digital (Digital Library) merupakan cara untuk membuat informasi tentang materi perkuliahan, referensi, dan penelitian tersedia untuk pengguna di seluruh dunia tanpa terhalang oleh ruang dan waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan evaluasiperpustakaan digital perguruan tinggi dari komponenmanusia, organisasi dan teknologi yang berdasarkan pada karakteristik perpustakaan digital dan mengetahui fasilitas perpustakaan digital yang sesuai dengan karakteristik perpustakaan digital,sehingga dapat mengetahui tingkat kesesuaian perpustakaan digital yang sudah dibuat dengan karakteristik perpustakaan digital. Metode utama yang digunakan adalah dengan melakukan observasi dan evaluasi menggunakan metode evaluasi HOT (Human-Organization-Technology) Fit Model terhadap 10 perpustakaan digital perguruan tinggi di dunia dan 10 perpustakaan digital perguruan tinggi di Indonesia dan melihat kesesuaiannya dengan karakteristik perpustakaan digital. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah obyek penelitian berupa perpustakaan digital perguruan tinggi yang dibangun sudah sesuai dengankarakteristik perpustakaan digital. Kata kunci: Digital Library, HOT (Human-Organization-Technology) Fit Model ,Perpustakaan digital, Perpustakaan Perguruan Tinggi ,Standar perpustakaan digital

Copyrights © 2015