Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik parkir pada badan jalan, juga untuk menganalisis dampak aktivitas parkir terhadap kinerja lalulintas, serta untuk alternatif upaya pengendalian parkir di sekitar Pasar Ikan Pusong Kota Lhokseumawe. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini merupakan survei jumlah kendaraan meliputi jumlah kendaraan ringan, kendaraan berat, dan sepeda motor. Pedoman yang digunakan adalah Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (PKJI) dan Penataan parkir dan pola pengkajiannya mengacu pada Pedoman Teknis Penyelengaraan Fasilitas Parkir, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat 1996 dengan variabel penelitiannya adalah survei keluar masuknya kendaraan, volume lalulintas, hambatan samping dan kecepatan kendaraan. Pengamatan dilakukan selama 7 hari dengan durasi 12 jam per hari. Hasil analisis kinerja ruas jalan didapatkan bahwa volume lalulintas tertinggi yang ada di ruas jalan sekitar Pasar ikan Pusong pada jalan Gudang Baru yaitu 658,40 skr/jam, sedangkan pada jalan Perniagaan yaitu 987,20 skr/jam dengan indeks tingkat pelayanan berada pada kategori B. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan analisis uji korelasi bahwa parkir pada badan jalan Gudang Baru yang paling berpengaruh yaitu volume parkir, sedangkan pada jalan Perniagaan yang paling berpengaruh yaitu volume parkir dan akumulasi parkir.
Copyrights © 2023