Seminar Nasional Hasil Penelitian LP2M UNM
SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 9

Pengaruh Model Pembelajaran Differentiated Science Inquiry terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik

Pince Salempa (Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Danial (Universitas Negeri Makassar)
Mohammad Wijaya (Universitas Negeri Makassar)
Army Auliah (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2021

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (quasi experiment) yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan ada tidaknya pengaruh model differentiated science inquiry terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 7 Jeneponto pada materi struktur atom dan sistem periodik unsur khususnya pada topik bahasan konfigurasi elektron dan bagaimanakah pengaruh model tersebut terhadap hasil belajar peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Hasil analisis deskripsi diperoleh bahwa rata-rata nilai hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 83,33 dan 73,067 dengan standar deviasi masing-masing sebesar 5,86 dan 11,55. Ketuntasan belajar kelas eksperimen mencapai 100% sedangkan kelas kontrol hanya sebesar 66,67%. Perbedaan nilai kategori N-Gain juga terjadi dimana kelas eksperimen berkategori tinggi dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,763 sedangkan kelas kontrol berkategori sedang dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,597. Perbedaan nilai N-Gain pada tiap tingkatan inkuiri pun juga terjadi dimana peserta didik pada tingkat demonstrated inquiry, structured inquiry, dan guided inquiry masing-masing berata-rata sebesar 0,788; 0,753; dan 0,744. Pencapaian indikator kompetensi pada kelas eksperimen berkategori tuntas adalah sebesar 77,78% sedangkan kelas kontrol sebesar 11,11%.   Rata-rata hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan model DSI lebih tinggi dibanding dengan model pembelajaran langsung. Hasil pengujian hipotesis dengan uji Mann Whitney pada taraf signifikan, α = 0,05 diperoleh signifikansi (0,000<0,05), menunjukkan hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model DSI terhadap hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Model Differentiated Science Inquiry; Hasil Belajar; Sistem dan Keperiodikan Unsur

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

semnaslemlit

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Dentistry Economics, Econometrics & Finance Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Materials Science & Nanotechnology Mathematics Medicine & Pharmacology Public Health Social Sciences Other

Description

Perguruan tinggi seharusnya terpanggil untuk menjawab tantangan-tantangan di atas melalui pelaksanaan darma ketiga pengabdian pada masyarakat, dan panggilan tersebut sejauh ini sudah banyak dilakukan namun program-program yang betul-betul pokus pada sasaran masih perlu diperbaiki, terutama ...