Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 2 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research (Special Issue)

Penerapan Listening Team untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Sekolah Dasar Negeri 03 Sungai Angek

Yulia Septi Wahyuni (Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat)
Jepri Naldi (Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat)
Sekar Harum Pratiwi (Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat)
Vini Wela Septiana (Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan Listening Team kelas V Sekolah Dasar Negeri 03 Sungai Angek. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa diantaranya siswa kurang berinisiatif untuk bertanya, kurang menyimak pelajaran yang disampaikan guru dan hanya beberapa orang siswa yang aktif dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 24 orang siswa Sekolah Dasar Negeri 03 Sungai Angek. Objek dalam penelitian ini adalah Listening Team dan aktivitas belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahawa penerapan Listening Team dapat meningktakan aktivitas belajar siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan diperoleh presentase aktivitas belajar siswa 57,11% atau berada pada pada kategori kurang tinggi. Kemudian setelah penerapan Listening Team pada siklus I pertemuan pertama hanya mencapai 60,52% atau berada pada kategori cukup tinggi, pada pertemuan kedua mencapai 67,11% atau berada pada kategori cukup tinggi. Pada siklus II pertemuan pertama aktivitas belajar siswa menjadi meningkat yaitu 73,26% atau berada pada kategori cukup tinggi pada pertemuan kedua mencapai 82,81% atau berada pada kategori tinggi. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Listening Team dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaranm ilmu pengetahuan alam kelas V Sekolah Dasar Negeri 03 Sungai Angek.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...