Jubah Raja : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran
Vol 2, No 1 (2023): April 2023

Pemanfaatan Aplikasi YouTube untuk Menumbuhkan Keterampilan Berbicara pada Anak Berkebutuhan Khusus

Bagas Romadhoni Sugiarto (IKIP PGRI Bojonegoro)
Cahyo Hasanudin (IKIP PGRI Bojonegoro)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2023

Abstract

abstrak— Keterampilan berbicara adalah kemampuan penyampaian pemikiran dan perasaan melalui bunyi dan kata kata dalam ujaran melalui kegiatan komunikasi. Penelitian ini memiliki tujuan dalam memanfaatkan aplikasi YouTube untuk menumbuhkan keterampilan berbicara pada anak berkebutuhan khusus. Metode studi pustaka dipakai dalam penelitian dengan memakai data sekunder, data bersumber pada buku dan artikel di jurnal lokal maupun internasional dalam internet. Data yang mengacu pada topik pembahasan. Topik pembahasan mencakup keterampilan berbicara, anak berkebutuhan khusus, dan aplikasi YouTube. Data ini bersumber pada buku dan artikel yang terbit di Indonesia maupun internasional. Dalam teknik mengumpulkan data memakai teori milik Mary W. George yang telah dimodifikasi oleh peneliti, 1) Pemilihan topik tentang implementasi keterampilan berbicara pada anak berkebutuhan khusus, 2) Peneliti membentuk suatu konsep yang menarik, 3) Penelitian menentukan strategi pemakaian aplikasi YouTube, 4) Peneliti memberikan simpulan. Pada penelitian ini mendapatkan simpulan tentang implementasi keterampilan berbicara pada anak berkebutuhan khusus pemakaian aplikasi YouTube. Strategi Pemakaian Aplikasi YouTube, dengan cara sebagai berikut, 1) buka aplikasi YouTube, 2) tautkan akun pada aplikasi YouTube, 3) klik logo plus dibawah, 4) klik upload video, 5) pilihlah video yang akan diunggah, 6) isilah keterangan video, 7) pilihlah pembatasan usia penonton dan klik upload, 8) bagikan link video yang telah diunggah.Kata kunci— Keterampilan berbicara, anak usia dini, aplikasi YouTube  Abstract— Speaking skills are the ability to convey thoughts and feelings through sounds and words in speech through communication activities. This research aims to utilize the YouTube application to develop speaking skills in children with special needs. The literature study method is used in research using secondary data, data sourced from books and articles in local and international journals on the internet. Data referring to the topic of discussion. Topics for discussion include speaking skills, children with special needs, and the YouTube application. This data is sourced from books and articles published in Indonesia and internationally. In the technique of collecting data using Mary W. George's theory which has been modified by researchers, 1) Selection of topics regarding the implementation of speaking skills in children with special needs, 2) Researchers form an interesting concept, 3) Research determines strategies for using the YouTube application, 4) Researchers provide conclusions. In this study, conclusions were drawn about the implementation of speaking skills in children with special needs using the YouTube application. Strategy for using the YouTube application, in the following way, 1) open the YouTube application, 2) link an account to the YouTube application, 3) click the plus logo below, 4) click upload video, 5) select the video to upload, 6) fill in the video description, 7) select the age limit of the viewer and click upload, 8) share the video link that has been uploaded.Keywords— Speaking skills, childern with special needs, YouTube applicaton

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JR

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jubah Raja adalah akronim dari Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran. Jurnal ini merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitan yang berkaitan dengan ...