Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (inkuiri terbimbing) berbantuan video YouTube terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas XI di SMAN 1 Aikmel. Kajian ini menggunakan metode kuantitatif semi-eksplorasi dengan rencana grup benchmark saja. Populasi dalam kajian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Aikmel, yang terdiri dari lima kelas. Teknik pengambilan sampel yaitu sempel random sampling setelah penyepadanan kelas. Sampel yang dipilih dua kelas yaitu kelas XI-IPS 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 33 dan XI-IPS 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 siswa. Tes dengan coretan soal yang memenuhi persyaratan instrumen penelitian merupakan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini. Karena memenuhi persyaratan untuk analisis, semua data dilakukan analisis kuantitatif menggunakan statistik parametrik dan SPSS 16.0 for Windows. Hasil kajian ini diperoleh Sig 0,029, 0,05 dengan mean kelas eksplorasi (75, 55) > sedangkan mean kelompok kontrol (58, 21). Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan kritis siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video YouTube.
Copyrights © 2023