Salah satu nilai lebih dari kendaraan bermotor adalah bentuknya yang menarik atau mengikuti trend mode, untuk mencapai bentuk yang menarik tersebut harus dirancang pula konstruksi dari komponen mesin tersebut agar sesuai dengan bentuk rancangan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh variasi sudut pelat pemanas dengan laju aliran udara terhadap besarnya koefisien perpindahan kalor konveksi. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental yang digunakan untuk menguji pengaruh dari suatu perlakuan atau desain baru terhadap suatu proses. Hasilnya semakin besar sudut yang terbentuk antara pelat pemanas dengan arah aliran maka perpindahan panas yang terjadi dari pelat menuju udara semakin kecil hal ini ditandai dengan menurunya koefisien perpindahan panas konveksi, penurunan ini disebabkan semakin besar sudut yang terbentuk antara pemanas dengan arah aliran maka luasan pemanas yang mengalami perpindahan panas secara konveksi akan semakin kecil.
Copyrights © 2023