Educatif: Journal of Education Research
Vol 5 No 1 (2023): January

Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Media Power Point pada Pembelajaran Tematik Muatan IPA Kelas IV SDN TlogorejoPeningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Media Power Point pada Pembelajaran Tematik Muatan IPA Kelas IV SDN Tlogorejo

Uswatun Khasanah (Universitas Negeri Yogyakarta, SD Negeri Tlogorejo)
Sunarso (Universitas Negeri Yogyakarta)
Tri Lestari Widayati (SD Negeri Baciro)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPA menggunakan media power point pada siswa kelas IV SD Negeri Tlogorejo, Bonorowo, Kebumen. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya meliputi tiga tahap, yaitu perencanaan, tindakan dan pengamatan, refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Tlogorejo dengan jumlah 17 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah motivasi belajar IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket motivasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk angket motivasi dilakukan dengan menghitung persentase rata-rata kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menggunakan media pembelajaran power point di kelas IV, motivasi belajar IPA siswa mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan adanya peningkatan hasil persentase rata-rata angket motivasi belajar siswa pada pratindakan sebesar 39,85%, pada siklus I menjadi 59,26%, dan meningkat lagi pada siklus II yaitu 73,68%. Hasil observasi siswa juga meningkat dilihat dari persentase rata-rata 56% pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 79%

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educatif

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of education. Educatif particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of education areas as follows: 1. Teaching and Learning ...