Jurnal Pengabdian Sosial Indonesia
Vol 2, No 1 (2022): Jurnal Pengabdian Sosial Indonesia (JPSI)

PELATIHAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN BERBASIS HOTS PADA MATA PELAJARAN SEJARAH BAGI MGMP SEJARAH

Maskun Maskun (Universitas Lampung)
Rinaldo Adi Pratama (Universitas Lampung)
Yusuf Perdana (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2022

Abstract

Program pengabdian Pembelajaran Berbasis HOTS dan Pelatihan Penilaian Mata Pelajaran Sejarah pada MGMP Sejarah di Kabupaten Lampung Selatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru sejarah yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di Lampung Selatan dalam membuat Pembelajaran Berbasis HOTS dan Penilaian kepada siswa agar kompetensi guru dalam menyusun penilaian mata pelajaran sejarah berbasis HOTS meningkat. Sosialisasi berupa presentasi oleh nara sumber tim pengabdian dan pelatihan langsung kepada peserta berupa pendampingan peserta pengabdian merupakan metode yang digunakan dalam program pengabdian ini. Instrumen yang digunakan adalah presentasi PowerPoint, contoh evaluasi mata pelajaran sejarah, dan lembar evaluasi kegiatan berupa pre-test dan post-test. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian Pembelajaran Berbasis Hots dan Pelatihan Penilaian Mata Pelajaran Sejarah untuk MGMP Sejarah di Kabupaten Lampung Selatan telah dilaksanakan dengan baik dengan indikator pencapaian tujuan pengabdian yaitu dan peningkatan kompetensi guru sejarah, dalam hal ini peserta pengabdian untuk melakukan pembelajaran dan penilaian. HOTS berdasarkan mata pelajaran sejarah.Kata Kunci : Pembelajaran Sejarah, Asesmen, HOTSDoi: http://dx.doi.org/10.23960/JPSI/v2i1.7-12

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Sosial Indonesia (JPSI) diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung adalah peer-reviewed journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian kepada masyarakat. ...