Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
Vol. 12 No. 4 (2022)

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN BANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 1 TEMBUKU

Ni Made Cici Prayani (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Nengah Martha (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Nyoman Yasa (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Kesulitan dalam menulis teks narasi khususnya cerita fantasi yang bersifat khayalan, memang sering terjadi pada setiap siswa. Hal ini juga terjadi pada siswa kelas VII E di SMP Negeri 1 Tembuku. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dilakukannya penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan langkah-langkah pelaksanaan penerapan strategi pembelajaran group investigation dengan bantuan video animasi dalam pembelajaran menulis teks narasi. (2) Mendeskripsikan hasil dari penerapan strategi pembelajaran group investigation dengan bantuan video animasi dalam pembelajaran menulis teks narasi. (3) Mendeskripsikan kendala dalam pembelajaran menulis teks narasi dengan menerapkan strategi pembelajaran group investigation dengan bantuan video animasi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tiga metode penelitian yakni metode observasi, metode tes, dan metode wawancara untuk mendapatkan data yang valid. Adapun hasil penelitiannya pada refleksi awal atau sebelum dilakukannya tindakan kelas nilai rata-rata siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Tembuku dalam menulis teks narasi adalah 65. Setelah dilakukannya tindakan pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh siswa dalam menulis teks narasi 72, 2 kemudian pada siklus II rata-rata nilai siswa 86,1. Dari nilai rata-rata yang di peroleh siswa dapat dijabarkan bahwa nilai siswa dalam menulis teks narasi mengalami peningkatakan sebanyak 21,1%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JJPBS

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesia Language ...