Jurnal Daya Matematis
Vol 3, No 1 (2015): Maret

EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL BERBASIS MASALAH SETTING KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X SMA NEGERI 11 MAKASSAR

Jusmawati, Hamzah Upu, Muhammad Darwis (Makassar State University)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2015

Abstract

Abstrak; Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran berbasis masalah Setting  kooperatif dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika materi trigonometri pada kelas X SMA Negeri 11 Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 11 Makassar dan sampel terdiri dari satu kelas yakni kelas X6 sebagai kelas eksperimen diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah Setting  kooperatif dengan pendekatan saintifik yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri data atas hasil belajar siswa, data aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan data respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran. Data aktivitas siswa dan respons siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif sedangkan data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan model pembelajaran berbasis masalah Setting  kooperatif dengan pendekatan saintifik dalam materi trigonometri terlaksana dengan baik. (2) penerapan model pembelajaran berbasis masalah Setting  kooperatif dengan pendekatan saintifik dalam materi trigonometri pada siswa kelas X SMA Negeri 11Makassar efektif ditinjau dari aspek: (a) hasil belajar siswa dengan rata-rata skor posttes lebih besar dari rata-rata skor pretes, rata-rata skor posttes adalah 84,09 ≥ KKM, rata-rata gain adalah 0,79, dan siswa yang tuntas sebanyak 94,74% ≥ 85%; (b) aktivitas belajar siswa dengan rata-rata keterlaksanaan aktivitas 3,41; dan (c) respons siswa dengan rata-rata 3,51 (kategori positif). Hasil uji hipotesis pada taraf siginifikan  dengan uji-t menunjukan bahwa model pembelajaran berbasis masalah Setting  kooperatif dengan pendekatan saintifik efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika materi trigonometri pada siswa kelas X SMA Negeri 11 Makassar. Kata Kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Kooperatif,Pendekatan Saintifik, trigonometri.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JDM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika is a journal that provides an authoritative source of scientific information for researchers and academics, research institutions, government agencies, and teacher ...