Dalam proses pendidikan perlu dilaksanakan manajemen kurikulum agarperencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum berjalan dengan efektif, efesien, dan optimaldalam memberdayakan berbagai sumber belajar, pengalaman belajar, maupun komponenkurikulum. Kajian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimanaperencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Kurikulum Pendidikan Anak di Taman PendidikanAlqur’an Al-Ikhlas Surabaya? (2) Apa masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan manajemenKurikulum Pendidikan Anak di Taman Pendidikan Alqur’an Al-Ikhlas Surabaya?Permasalahan tersebut di bahas melalui deskripsi lapangan yang dilaksanakan di TamanPendidikan Alqur’an Al-Ikhlas Surabaya. Penelitian ini menggunakan dengan jenis penelitiankualitatif. Tujuan penelitian kualitatif dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan AnalisisManajemen Kurikulum Anak di Taman Pendidikan Alqur’an Al-Ikhlas Surabaya. Untukmemperoleh data yang valid, dalam penelitian ini diperlukan teknik pengumpulan data denganmenggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisisdilakukan dengan verifikasi terhadap data yang terkumpul. Verifikasi tersebut dilakukandengan metode triangulasi. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa manajemen kurikulum diTaman Pendidikan Alqur’an Al-Ikhlas yang meliputi perencanaan, pengorganisasian,pelaksanaan dan evaluasi kurikulum telah berjalan dengan baik meskipun masih ditemui sedikitkendala antara lain perlunya dukungan sarana yang memadai, dan menetapkan evaluasi.Perencanaan kurikulum dilakukan secara keseluruhan. Berdasarkan hasil penelitian ini, adabeberapa saran, yaitu: (1) bagi kepala Taman Pendidikan Alqur’an, ustad/zh dan santrihendaknya selalu berupaya untuk ikut serta dalam meningkatkan kualitas pendidiknyasemaksimal mungkin. (2) bagi penelitian lanjutan, hendaknya hasil peneliti ini dijadikansebagai tambahan reverensi dan dihatapkan dapat dilakukan penelitian yang lebih baik dansempurna tentang Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak.
Copyrights © 2021