ICO EDUSHA
Vol. 3 No. 1 (2022): ICO EDUSHA : The 3rd ICO EDUSHA 2022 The Muslim Research Community

BULLYING PADA SISWA SMP DITINJAU DARI PERSEPSI SISWA TERHADAP GURU BIMBINGAN KONSELING (BK)YANG HUMANIS

Suyadi (STAI AN NAJAH INDONESIA MANDIRI SIDOARJO)
Ahmad Hariyadi (STAI AN NAJAH INDONESIA MANDIRI SIDOARJO)
Hikayatul (STAI AN NAJAH INDONESIA MANDIRI SIDOARJO)
Ibnu Helga Nurardiasah (STAI AN NAJAH INDONESIA MANDIRI SIDOARJO)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2023

Abstract

Fenomena kekerasan dan aneka bentuk penyimpangan perilaku anak dan remaja dinegeri ini semakin membuat miris. Salah satu bentuk kekerasan ‘bullying’ masih kerap terjadidi lingkungan sekolah, tempat dimana seharusnya nilai-nilai humanisme ditanamkan sejak dini.Berbagai kasus bentuk kekerasan fisik yang berujung pada kematianpun tak terhindarkan.Padahal jika bullying dibiarkan akan tercipta suatu generasi bangsa yang lebih sukamenggunakan cara kekerasan untuk menyelesaikan setiap persoalan hidup. Siswa SMP akandijadikan kajian tulisan ini, karena mereka dalam masa transisi dari anak ke remaja. Peran guru,khususnya guru Bimbingan Konseling (BK) seolah-olah terpinggirkan dan kalah oleh sumber-sumber ilmu lain yang dilahirkan oleh kemajuan teknologi. Kehadiran guru BK sebagaisosokpendidik yang humanis mestinya memberi andil terhadap pencegahan bullying di sekolah.Sebagai insan yang terpanggil di dunia pendidikan, harapannya dengan tiadanya bullying siswa,sekolah sungguh bisa menjadi ‘taman’ yang selalu dirindukan siswa untuk belajar banyak hal.Kehadiran sosok guru BK di sekolah dipersepsi oleh siswa sebagai guru humanis apabila sesuaipendapatnya Suparno (2013) tentang ciri-ciri guru BK yang humanis, yaitu : memiliki perhatiandan cinta pada anak didik; membangun hubungan dialogal, saling membantu danmengembangkan; peka untuk mengenal anak baik kekurangan maupun kelebihan dankarakternya; menghargai dan menyapa anak didik; menaruh kepercayaan pada anak didik;memberi teladan yang baik. Konteks mendidik akan memperoleh tempat yang tepat ketikaseorang guru BK humanis mampu mempengaruhi secara positif pribadi siswa sehingga siswaakan semakin berhati nurani, bertanggung-jawab dan berhabitus baru sebagai remaja yang antibullying. Dari kajian ilmiah yang dilakukan oleh penulis maka dapat disimpulkan : Jika siswamempersepsi guru BK sebagai guru yang humanis maka bullying akan rendah, namun sebaliknya,jika siswa mempersepsi guru BK sebagai guru yang tidak humanis maka bullying akan tinggi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

prd

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Proceedings of Annual Conference for Education Management and Sharia Economics The journal publishes articles of interest to education practitioners, teachers, education policy makers, and researchers. This journal encompasses research articles, original research report, reviews in Islamic education ...