Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana
Vol. 6 No. 1 (2023)

Analisis Kualitas Butir Soal Pengukuran Literasi Sains Melalui Teori Tes Klasik Dan Rasch Model

Sri Jumini (Mahasiswa Program Doktor Pendidikan IPA, Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang, Sekaran, Gunung pati, Kota Semarang, 50229, Central Java, Indonesia)
Sutikno Madnasri (Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia, Sekaran, Gunung pati, Kota Semarang, 50229, Central Java, Indonesia)
Edy Cahyono (Jurusan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia, Sekaran, Gunung pati, Kota Semarang, 50229, Central Java, Indonesia)
P Parmin (IPA Terpadu, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Sekaran, Gunung pati, Kota Semarang, 50229, Central Java, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan gambaran hasil perbandingan analisis kualitas soal tes kemampuan literasi sains melalui pendekatan teori tes klasik dan Rasch Model ditinjau dari sisi validity, reliability, kesulitan soal, dan daya diskriminan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan pengambilan data dilakukan pada bulan Februari 2021. Data diperoleh dengan menggunakan metode dokumenter sebanyak 15 soal pilihan ganda dan diujikan kepada 30 mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika UNSIQ Jawa Tengah Wonosobo. Data dianalisis menggunakan teori uji klasik dengan Microsoft Excel dan Rasch Model dengan software Winsteps. Kualitas soal dari segi validitas dengan menggunakan pendekatan teori tes klasik terungkap bahwa 3 soal diklasifikasikan valid dan 12 soal diklasifikasikan tidak valid, sedangkan pada Rasch Model 6 soal diklasifikasikan valid dan 9 soal diklasifikasikan tidak valid. Skor reliability Cronbach Alpha (KR-20) pada butir soal dengan pendekatan teori tes klasik adalah 0,40 (sedang) dan skor reliability Cronbach Alpha (KR-20) pada model Rasch adalah 0,43 (sedang) dengan Nilai person reliability 0,54 (buruk) dan keandalan produk 0,91 (sangat baik). Tingkat kesukaran butir soal menurut teori tes klasik, butir soal terdistribusi dalam tiga kelompok, yakni mudah 10 soal, sedang 3 soal, dan sukar 2 soal. Sedangan pada Rasch Model butir soal terdistribusi dalam empat kelompok, yakni mudah 3 soal, sedang 7 soal, sukar 3 soal, dan sangat sukar 2 soal. Pada aspek daya beda baik dengan pendekatan teori tes klasik maupun Rasch Model, nilai H = 1,57 dibulatkan menjadi 2, yakni buruk 14 soal dan baik 1 soal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

snpasca

Publisher

Subject

Education

Description

Seminar nasional Pascasarjana merupakan kegiatan rutin yang dilakasanakan oleh Pascasarjana UNNES. Tahun 2018 adalah kali ke 5 pelaksanan yang diselenggarakan oleh Kampus yang telah berubah alamat dari lokasi di Kampus Bendan Ngisor berpindah di Kampus Kelud Utara III Kecamatan Gajahmungkur kota ...