Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif ysng bertujuan menganalisis karakteristik puisi dalam garapan musikalisasi puisi kelompok ekstrakurikuler SMA Lab Undiksha dan mengkaji interpretasi siswa peserta ekstrakurikuler terhadap puisi pilihan materi musikalisasi puisi. Data dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Berdasarkan analisis didapati bahwa karakteristik 17 puisi yang diteliti terdiri atas beragam jenis, mulai dari metafisik, deskripsi, diafan, naratif, romansa, stansa, dan larik; serta dibangun oleh struktur fisik dan batin. Diksi dominan menggunakan kata-kata gelisah dan kebingungan, menggunakan kata-kata pertikaian atau kedukaan, diksi romantis, pewayangan. Kata konkret dengan penegasan diksi atau pemilihan kata untuk kerinduan, kepedihan, kematian dan lain sebagainya terlihat dalam puisi pilihan dalam garapan musikalisasi tersebut. Pengimajian menggunakan imaji pendengaran (auditif), imaji penglihatan (visual), imaji peradaban, perasaan, dan sentuhan (taktil). Majas yang digunakan seperti majas metafora, majas repetisi, majas personifikasi, majas eufimisme, majas pleonasme, majas metonimia, majas retorika, majas simile, majas hiperbola, majas alegori. Tema yang digunakan dalam puisi pilihan yakni kehidupan, religi, kesetiaan, perjuangan, percintaan, bumi dan manusia, kedukaan, kegelisahan, kesetiaan, kematian, kesepian dan kesendirian, sosial sahabat, cinta. (2) Interpretasi siswa terhadap tujuh belas puisi dalam garapan musikalisasi puisi kelompok ekstrakurikuler SMA Lab Undiksha sangat beragam, diantaranya adalah percintaan, alam, sosial dan kehidupan. Puisi-puisi pilihan dalam garapan musikalisasi yang dilakukan oleh kelompok ekstra kulikuler SMA Lab Undiksha memberikan kesan yang mampu membuat para siswa belajar penuh terhadap makna-makna puisi di dalamnya agar mampu disampaikan dengan baik saat musikalisasi puisi.
Copyrights © 2022