Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 11, No 1 (2015): Juni

Pola Asuh Anak Dalam Keluarga Menuju Terwujudnya Generasi Cerdas Di Desa Pengadang Kabupten Lombok Tengah

Arifin, Syamsul ( IAIN Mataram)
Hidayati, Dahlia ( IAIN Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2015

Abstract

Kegiatan pelatihan “Pola Asuh Anak Dalam KeluargaMenuju Terwujudnya Generasi Cerdas” telah dilakukan dengan relatifserius dengan merujuk pada prinsip-prinsip pelatihan dan ataupendidikan yang efektif dan produktif. Buahnya cukupmengembirakan, kegiatan tersebut telah menghasilkan hal-hal yangpositif dalam tiga domain pendidikan; kognitif, psikomotorik, danafektif. Dari aspek kognitif, peserta telah mendapatkan tambahanilmu pengetahuan baru tentang pola asuh. Dari aspek psikomotorik,mereka relatif terlatih dalam mengungkapkan kalimat-kalimatedukatif dan bahasa tubuh yang jauh bau kekerasan. Sedangkanafektifnya adalah tumbuhnya rasa bersalah dan munculnya komitmenbaru dari sebagia besar peserta pelatihan dalam menjalankan tugassebagai pengasuh dan pendidik. Raihan tiga domain pendidikan atasdapat dimaknai sebagai modalitas awal untuk dilakukan kegiatansama dengan bobot yang lebih serius di tahun-tahun berikutnya. Jikatidak maknai demikian, maka buah pelatihan hanya menjadi sebuahkenangan yang pasti terkikis dan tergerus oleh gelombang informasiyang tak bernilai. Di samping itu, follow up kegiatan ini mutlakdilakukan untuk memberikan kesempatan kepada warga lainnya didesa yang sama mengingat 40 peserta pelatihan hanyalah sekitar1,6% dari jumlah penduduk Pangadang yang berjumlah kisaran 7000jiwa.

Copyrights © 2015