Majalah Obat Tradisional
Vol 15, No 1 (2010)

PENGARUH CARA PENGERINGAN TERHADAP PEROLEHAN EKSTRAKTIF, KADAR SENYAWA FENOLAT DAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DARI DAUN DEWA (Gynura pseudochina (L.) DC.)

Rivai, Harrizul ( Faculty of Pharmacy, University of Andalas)
Bakhtiar, Amri ( Faculty of Pharmacy, University of Andalas)
Nurdin, Hazli ( Faculty of Mathematics and Science, University of Andalas)
Suyani, Hamzar ( Faculty of Mathematics and Science, University of Andalas)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2010

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai pengaruh cara pengeringan terhadap perolehan kadar ekstraktif, senyawa fenolat dan aktivitas antioksidan dalam daun dewa (Gynura pseudochina (L.) DC.). Cara-cara pengeringan yang diuji adalah: pengeringan angin pada suhu kamar, pengeringan oven pada suhu 40 oC, pengeringan oven pada suhu 60 oC, pengeringan oven microwave dan sampel segar sebagai kontrol.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengeringan tumbuhan segar menyebabkan berkurangnya perolehan ekstraktif, kadar senyawa fenolat dan aktivitas antioksidan. Cara-cara pengeringan memberikan pengaruh yang berbeda nyata (P < 0,05) terhadap perolehan ekstraktif, kadar senyawa fenolat dan aktivitas antioksidan. Di antara cara-cara pengeringan yang diuji, perolehan ekstraktif tertinggi diberikan oleh pengeringan oven microwave, sedangkan kadar senyawa fenolat tertinggi dan aktivitas antioksidan yang tertinggi diberikan oleh pengeringan angin pada suhu ± 25  oC.

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

TradMedJ

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Public Health

Description

raditional Medicine Journal (Majalah Obat Tradisional), or Trad. Med. J. (ISSN 1410-5918 (print) and ISSN 2406-9086 (online)), is an international scientific journal published by Faculty of Pharmacy, Universitas Gadjah Mada, three times annually. Collaborating with Indonesian Pharmacist Association, ...