Sekolah merupakan lembaga penyelenggara pendidikan akademik bagi siswa. Dalam proses pembelajaran di sekolah dalam jangka waktu tertentu maka akan terkumpul sejumlah data yang besar yang nantinya akan menyulitkan pihak sekolah untuk mengolah data tersebut sehingga berpengaruh dalam peningkatan mutu siswa yang dihasilkan, dan dalam skala besar akan menurunkan prestasi sekolah dilihat dari sedikitnya prestasi dari siswa yang mendapatkan gelar juara dalam sebuah perlombaan. Salah satu faktor penyebab menurunnya prestasi akademik SMP N 1 Winong adalah banyaknya data dan kriteria yang digunakan dalam proses seleksi calon peserta lomba cerdas cermat sehingga pihak sekolah kurang tepat dalam mengirimkan perwakilan lomba. Data mining dapat menggali informasi dari data yang jumlahnya sangat besar dengan metode- metode tertentu untuk mendapat informasi atau ilmu pengetahuan yang baru. Dengan metode klasifikasi yang digunakan dapat diketahui apakah siswa layak menjadi calon peserta lomba atau tidak. Oleh karena itu data mining bisa digunakan untuk mengklasifikasikan data calon peserta lomba sebagai sarana untuk menerapkan algoritma C4.5 dalam proses seleksi calon peserta lomba cerdas cermat siswa SMP N 1 Winong tingkat kabupaten. Hasil klasifikasi dari algoritma C4.5 untuk mengetahui tingkat akurasi dalam membuat klasifikasi calon peserta lomba cerdas cermat. Hasil evaluasi diperoleh bahwa algoritma C4.5 memiliki akurasi 95,45%. Rule yang diperoleh dari klasifikasi dengan algoritma C4.5 jika diterapkan dalam data baru diperoleh hasil validasi dengan tingkat akurasi 90,63%. Kata kunciâ data mining, klasifikasi, algoritma C4.5, confussion matrik, akurasi, lomba cerdas cermat.
Copyrights © 2015