JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Profil Gaya Belajar Peserta Didik Kelas II SDN Bugangan 03

Denissa Febriyanti Widyaningrum (Universitas PGRI Semarang)
Ngurah Ayu Nyoman Murniati (Universitas PGRI Semarang)
Intan Indiati (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2023

Abstract

Keefektifan cara belajar peserta didik dipengaruhi oleh kecenderungan gaya belajar yang dilakukan oleh masing-masing peserta didik. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, dapat diketahui bahwa kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik dalam memahami materi pelajaran masih cukup rendah. Sebelum pelaksanaan pembelajaran, guru belum melakukan analisis terhadap gaya belajar yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik sehingga guru belum mempunyai data tentang gaya belajar yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik, sehingga media dan strategi yang digunakan belum disesuaikan dengan gaya belajar yang dimiliki peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecenderungan gaya belajar yang dimiliki peserta didik kelas II C SDN Bugangan 03. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa peserta didik kelas II C memiliki kecenderungan gaya belajar yang berbeda-beda. Terdapat 46% peserta didik yang memiliki gaya belajar visual, 32% peserta didik memiliki gaya belajar auditori, dan 22% peserta didik memiliki gaya belajar kinestetik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...