Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia
Vol 1, No 3 (2015): NOVEMBER

HUBUNGAN ANTARA ASPEK DALAM MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 BATAM

Nurhaty, Destaria Sudirman (Unknown)
Sari, Purnama (Unknown)
Notowinarto, Notowinarto (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2016

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasial antar subjek dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu 109 siswa kelas XI sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: (1) tidak ada hubungan antara motivasi belajar intrinstik dengan hasil belajar kognitif biologi; hubungan tidak normal (nilai Lhitung 0.0358 < Ltabel 0.0850); hubungan tidak signifikan (Fhitung 0.755 <  Ftabel 1.5); nilai persamaan Y= 79.60 + 0.035 X1; nilai koefisien korelasi (r1y) = 0,076 (7,6%); nilai koefisien determinasi (KD/R12y) = 0,0057 (0.57%)  dan thit (0,78) < ttabel (1,98) tak berbeda; (2) tidak ada hubungan antara motivasi belajar ekstrinstik dengan hasil belajar kognitif biologi; hubungan tidak normal (nilai Lhitung 0.0562 < Ltabel 0.0850; hubungan tidak signifikan (Fhitung - 0.0036 < Ftabel 3.08; nilai persamaan Y= 83,52 + 0.0078 X2; nilai koefisien korelasi (r1y) = 0,025 (2,5%); nilai koefisien determinasi (KD/R12y) = 0,000625 (0.063%)  dan thit (-0,25) < ttabel (1,98) tak berbeda; dan (3) tidak ada hubungan antara motivasi belajar intristik maupun ekstrinstik dengan hasil belajar kognitif biologi; nilai persamaan Y= 80,23 + 0.034 X1 + 0.0068 X2 ; nilai koefisien korelasi (r12y) = 0,078 (7,8%); Nilai koefisien determinasi (KD/R122y) = 0,0061 (0.61%)  dan thit (0,809) < ttabel (1,98) tak berbeda; Hipotesis H0 diterima menolak Hi

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpbi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), ISSN 2442-3750 (print); ISSN 2527-6204 (online), publishes a scientific papers on the results of the study/research and review of the literature in the sphere of biology education in primary education, secondary education, and higher education. ...