Dinamika Jurnal Pendidikan Dasar
Dinamika Volume VII, Nomor 1, Maret 2015

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERBASIS PERMAINAN

Ariyati, Tatik ( Program Pascasarjana Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2015

Abstract

Abstract. The objective of this research was to increased read beginning through visual media. It was an action research conducted in Banyumas, Central Java in 2013. The stage of this action research were consist of plan, act, observe, and reflect. The subject of this research was the kindergarten students of TK Aisyiah, Rawalo, Banyumas that had read beginning problems. The method used in collecting data was a non test method which consist of survey records based on observation and observation photos. Based on the increased percentage so the hypothesis can be accepted. Futhermore it can be concluded that visual media can increase read beginning for kindergarten students. The implication of this research is that visual media can be an alternative way to read beginning for kindergarten students. The implementation of visual media in read beginning at school was involved by few factors such as teacher’s ability, school facilities, and students. By the synergy of those factors students counting ability would optimally increase.Keywords: read beginning, visual media, and an action research. Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media gambar berbasis permainan pada anak kelompok B TK Aisyiyah Rawalo, Kecamatan Rawalo, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diselenggarakan dalam 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa TK Aisyiyah Rawalo, Banyumas yang mempunyai masalah dalam kemampuan membaca permulaan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini mempergunakan observasi dengan menggunakan instrument lembar observasi kemampuan membaca permulaan, wawancara atau tanya jawab serta dokumentasi yang berupa foto kegiatan. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif mencapai 75% . Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca permulaan pada siswa setelah diberikan perlakuan melalui penggunaan media gambar berbasis permainan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil peningkatan kemampuan membaca permulaan yang terjadi pada anak didik, dari kondisi awal, siklus I sampa pada siklus II yaitu 75,88%. Peningkatan tersebut artinya melampaui target sehingga hipotesis dapat diterima. Selanjutnya dapat disimpulkan bahwa media gambar dapat meningkatan kemampuan membaca permulaan untuk Taman Kanak-kanak dan dapat menjadi salah satu metode pembelajaran.Kata kunci      : Kemampuan Membaca Permulaan, Media Gambar

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

dinamika

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Dinamika is a peer-reviewed scientific journal that publishes different kinds of scientific articles based on the research-article and ideas-article. Dinamika aims to provide a platform for the publication of the most advanced high-quality research in the areas of learning, development, instruction, ...