Dinamika Jurnal Pendidikan Dasar
Dinamika Volume VI, Nomor 1, Maret 2014

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK MELALUI METODE PENUGASAN

Wiarsih, Cicih ( PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Bintaro, Tri Yuliansyah ( PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2015

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada permasalahan yang dialami oleh mahasiswa PGSD semester satu dimana tingkat keterampilan menulis  terutama menulis cerita pendek (cerpen) masih rendah. Salah satu alternatif yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen mahasiswa PGSD yaitu dengan menggunakan metode penugasan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas terhadap mahasiswa semester satu yang terdiri dari 223 mahasiswa yang terbagi menjadi lima kelas, yaitu kelas A s.d kelas E. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes portofolio dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan cara kuantitatif dan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, keterampilan menulis cerita pendek mahasiswa mengalami peningkatan cukup signifikan. Hal ini berdasarkan hasil penelitian pada siklus pertama diperoleh hasil rata-rata sebesar 74, sedangkan pada siklus ke dua diperoleh hasil rata-rata sebesar 85,98. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan keterampilan menulis cerita pendek mahasiswa semester I mengalami peningkatan sebesar 11,98 yang berarti metode penugasan efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek.Kata kunci: Keterampilan Menulis, Cerita Pendek  dan Metode Penugasan

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

dinamika

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Dinamika is a peer-reviewed scientific journal that publishes different kinds of scientific articles based on the research-article and ideas-article. Dinamika aims to provide a platform for the publication of the most advanced high-quality research in the areas of learning, development, instruction, ...