PROSIDING SENATEK FAKULTAS TEKNIK UMP
2015: PROSIDING SENATEK TAHUN 2015, 28 November 2015

MINIMALISASI FRAME DROP LIVE STREAM VIDEO RECORDING PADA PROTOKOL RTMP (REAL TIME MESSAGING PROTOCOL)

Kaloko, Roma Aji ( Jurusan Pasca Sarjana Teknik Elektro, Telkom University Jl. Telekomunikasi No.1 Terusan Buah Batu, Bandung)
Rahmat, Basuki ( Jurusan Pasca Sarjana Teknik Elektro, Telkom University Jl. Telekomunikasi No.1 Terusan Buah Batu, Bandung)
Budiman, Gelar ( Jurusan Pasca Sarjana Teknik Elektro, Telkom University Jl. Telekomunikasi No.1 Terusan Buah Batu, Bandung)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2015

Abstract

Seiring dengan peningkatan teknologi browser, semakin populer berbagai aplikasi berbasis web. Banyak aplikasi yang sebelumnya hanya bisa diakses lewat aplikasi desktop, kini bisa dimungkinkan melalui web browser yang digabungkan dengan teknologi cloud server dan cloud storage. Live stream video recording (LSVR) dalam web messaging mengutamakan kemudahan dan kecepatan dalam pengiriman video, yaitu melakukan proses perekaman, pengiriman dan konversi video secara simultan. LSVR tidak seperti pengiriman video secara konvensional dimana proses pengiriman video dilakukan setelah proses perekaman video dan atau konversi video dilakukan. File hasil rekaman langsung disimpan di cloud server.  Kualitas video bisa dilihat dari segi rendering quality (framerate). Rendering quality dari Live stream video recording sangat tergantung dengan throughput yang tersedia di jaringan[2]. Rendering quality bisa dijaga di beberapa kondisi throughput yang ada dengan cara menyesuaikan resolusi video yang dikirim.  Pada tesis ini dilakukan automatisasi konfigurasi resolusi video pada LSVR  sehingga bisa memaksimalkan rendering quality berdasar throughput yang tersedia di jaringan. Kata kunci: RTMP, Video Recording,Web Video Communication

Copyrights © 2015