Proceeding Seminar LPPM UMP Tahun 2014
2015: Buku I Bidang Ilmu Ekonomi dan Pertanian, Proceeding Seminar Nasional LPPM 2015, 26 September

IbM BAGI KELOMPOK USAHA BANDENG PRESTO “PRESTO PANDEAN” DAN “USAHA JAYA” DALAM RANGKA PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT

Luhgiatno, Luhgiatno ( Program studi Akuntansi STIE Pelita Nusantara. Jl. Slamet Riyadi No. 40 Gayamsari Semarang Telp (024) 6735414)
Wahyuningsih, Susanti ( Program studi Manajemen STIE Pelita Nusantara. Jl. Slamet Riyadi No. 40 Gayamsari Semarang Telp (024) 6735414)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2015

Abstract

Desa Pandean Lamper, Kecamatan Gayamsari Kota Semarang terletak di Kota Semarang.  Terdapat beberapa kelompok swadaya masyarakat yang bergerak dibidang bandeng presto.  Dari kelompok swadaya masyarakat tersebut mereka membuat  kelompok-kelompok, dimana masing-masing kelompok usaha menaungi beberapa orang yang sudah memulai usaha pengolahan bandeng presto dengan cara menggerakkan warga pandean lamper untuk mengolah bandeng presto lalu dijual ke konsumen di Semarang dan sekitarnya. Kelompok usaha bandeng presto yang ada diantaranya Kelompok Swadaya Masyarakat Presto Pandean dan Kelompok Usaha “Usaha Jaya”. Namun karena kendala peralatan, permodalan, pengemasan dan pemasaran, hasilnya  belum dirasakan sebagai peningkatan kesejahteraan, kecuali sebagai kebutuhan hidup semata. Aspek Produksi dari kelompok tani tersebut masih tradisional, dimana untuk pengolahan bandeng presto masih menggunakan alat berkapasitas kecil. Hal ini berdampak pada saat banyaknya pesanan, kelompok ini tidak bisa mensuplai bandeng presto, sehingga banyak konsumen yang kecewa. Dalam hal manajemen usaha, masalah permodalan, pengemasan pemasaran merupakan hal yang paling penting karena jika hasil olahan bandeng presto tersebut tidak tersalurkan maka hanya akan menumpuk dan membusuk, sehingga tidak bisa digunakaan sebagai pendapatan pengusaha. Melihat potensi yang begitu besar, tetapi belum termanfaatkan secara maksimal maka program IbM yang telah dilaksanakan adalah (1) Memberi penyuluhan, pelatihan dan pembinaan kepada kelompok usaha bandeng presto mengenai prospek ekonomi dari olahan bandeng presto tersebut, (2) Memberi pelatihan mengenai pengajuan permodalan, kemasan packing yang higienis dan menarik, (3) Melakukan Company Visit ke UD. Mina Makmur sebagai sarana studi banding. (4)Memberi bantuan peralatan gerobak jualan, vacum sealer dan kemasan cetak. (5) STIE Pelita Nusantara dengan team Student Entrepreneur Program telah membuatkan dan mengelola pemasaran lewat internet (e-marketing) untuk membidik market  share yang lebih luas melalui Blog dan facebook.Kata Kunci : Pengembangan Usaha, Kelompok Usaha Bandeng Presto, Permodalan, Pengemasan, Pemasaran offline dan online

Copyrights © 2015