Keberhasilan pendidikan di negara Indonesia khususnya di sekolah formal tidak terlepas dari peranan kurikulum yang digunakan oleh satuan pendidikan sebagai acuan dan pedoman dalam kegiatan pendidikan. Penyempurnaan dan perubahan kurikulum ini merupakan sebuah tuntutan di dunia pendidikan karena kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.Di Negara Indonesia kurikulum selalu mengalami perubahan dan perkembangan sebagai pengaruh dari perkembangan masyarakat dan globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendidikan IPS dan perilaku social siswa dalam kurikulum 2013.  Penelitian ini dilaksanakan di SD UMP dan termasuk penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa SD UMP. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif yang dikembangkan Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi pendidikan IPS sesuai kuriukulm 2013 oleh guru di SD UMP meliputi pemahaman dan pengetahuan IPS, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran.(2) Siswa SD UMP secara umumtelah menerapkan nilai-nilai IPS di sekolah. (3) Faktor perilaku sosial siswa sebagian besar dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Saran bagi guru harus meningkatkan pemahaman dan penguasaan terkait kurikulum 2013 dengan mengikuti berbagai pelatihan. Bagi pemerintah agar melakukan pembenahan terhadap kendala-kendala yang dihadapi para pendidik di dalam melaksanakan kurikulum 2013.Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan IPS, Kurikulum 2013, Perilaku Sosial
Copyrights © 2015