Proceeding Seminar LPPM UMP Tahun 2014
2015: Buku II Bidang Ilmu Pendidikan dan Sosial Humaniora, Proceeding Seminar Nasional LPPM 2015, 2

KEGIATAN PEMANFAATAN SDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KARANGSOKA KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS DENGAN METODE PROBLEM SOLVING

Bramasta, Dhi ( Program Studi Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Zaenuddin, Enuh ( Program Studi Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam kegiatan pemanfaatan SDA pembelajaran IPS kelas IV SDN Karangsoka Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas melalui penerapan Problem Solving; (2) Mendapatkan bukti-bukti bahwa penerapan Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kegiatan pemanfaatan SDA pembelajaran IPS kelas IV SDN Karangsoka Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif menggunakan metode problem solving. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, satu siklus dilakukan dua kali tindakan kelas. Subyek penelitian adalah kelas IV sebanyak 29 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan, dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015 antara bulan april sampai agustus 2015. Teknik pengumpulan dengan lembar observasi dan lembar tes selama tindakan serta dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode problem solving terbukti  dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Karangsoka Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas.  Hal ini terlihat pada hasil observasi aktifitas guru pada siklus I dengan persentase 51,18 % dengan kriteria cukup baik, dan meningkat pada siklus II dengan persentase 62,9 %  dengan persentase baik. Sedangkan hasil tes peserta didik naik dari siklus I dengan persentase 79,31% dan naik menjadi 86,20% pada siklus II. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa kegiatan pembelajaran IPS pada materi pemanfaatan SDA menggunakan pendekatan problem solving mengalami peningkatan yang signifikan, ditunjukkan dengan kenaikkan aktifitas guru dan kenaikkan hasil tes siswa pada setiap siklusnya.Kata Kunci : Hasil Belajar IPS, Problem Solving

Copyrights © 2015