Proceeding Seminar LPPM UMP Tahun 2014
2015: Buku II Bidang Ilmu Pendidikan dan Sosial Humaniora, Proceeding Seminar Nasional LPPM 2015, 2

PEMANTAPAN PROFESIONALISME GURU TK ‘AISYIYAH 14 PURWOKERTO MELALUI PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PTK UNTUK MENGATASI PERMASALAHAN PESERTA DIDIK

Ariyati, Tatik ( Program Studi PG PAUD, Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Pujiati, Desti ( Program Studi PG PAUD, Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2015

Abstract

Pendampingan penyusunan PTK diikuti oleh guru TK ‘Aisyiyah ini merupakan kegiatan yang dirasakan bermanfaat bagi para peserta. Hal ini bermanfaat untuk memenuhi tuntutan profesional untuk guru yang telah tersertifikasi, membudayakan penelitian di kalangan guru, dan hasil dari laporan penelitian yang dilakukan dalam wadah pendampingan ini dapat mempersiapkan karya ilmiah guru karena bersamaan dengan tuntutan peningkatan kinerja guru dari Dinas Pendidikan.Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk membekali guru TK Aisyiyah 14 Kedungwuluh dengan pengetahuan dan pengalaman menyusun PTK.  Tindak lanjut dari kegiatan pendampingan penyusunan PTK di TK ‘Aisyiyah 14 Kedungwuluh adalah mempersiapkankan laporan PTK untuk  peningkatan mutu kerja guru dan penilaian kinerja guru yang sudah tersetifikasi oleh Dinas Pendidikan Unit Kecamatan dan Dinas Kabupaten. Penyusunan PTK ini tidak hanya persiapan penilaian kinerja saja namun lebih pada menambah pengalaman dan memberi motivasi bagi para guru untuk lebih bersemangat membiasakan melakukan penelitian secara berkala atau rutin di kelas masing masing. Tujuan kegiatan  ini adalah untuk membekali guru TK Aisyiyah 14 Kedungwuluh dengan pengetahuan dan pengalaman menyusun PTK, sehingga  apabila guru sudah terbiasa menyusun PTK maka permasalahan peserta didik menjadi fokus utama untuk ditangani secara ilmiah sehingga capaian perkembangan yang sudah menjadi standar lulusan akan tercapai. Metode yang digunakan untuk kegiatan  pendampingan penyususnan PTK ini adalah dengan metode ceramah dalam menyampaikan materi pendampingan, metode demonstrasi untuk penyusunan per bab dalam PTK. Hasil dari pendampingan ini adalah mencapai 85% peserta mampu menyelesaikan penyusunan PTK sampai selesai dan 1 orang peserta yang belum mampu menyelesaikan  karena faktor umur. Kata kunci : Profesionalisme Guru, Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas,  Peserta Didik

Copyrights © 2015