Jurnal Amal Pendidikan
Vol. 4 No. 1 (2023): Edisi April 2023

Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII ditinjau dari Gaya Belajar

Feria Sapta Cahyani (Universitas Halu Oleo)
Kadir (Universitas Halu Oleo)
La Misu (Universitas Halu Oleo)
Salim (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan literasi matematis siswa yang rendah. Tujuan Penelitian ini yaitu: untuk menganalisis kemampuan literasi matematis siswa kelas VIII A SMPN 16 Konawe Selatan ditinjau dari gaya belajar. Subjek penelitian ini diambil dari hasil angket gaya belajar sebanyak  3 siswa yaitu masing-masing visual, auditorial, dan kinestetik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksploratif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data hasil penelitian di kumpulkan melalui pemberian angket, tes tertulis dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan: (1) siswa yang bergaya belajar visual memiliki kemampuan literasi matematis siswa kategori tinggi, memilik karakteristik mengandalkan indra mata untuk menangkap informasi, tetapi siswa bergaya belajar visual kurang mampu menangkap informasi yang disampaikan secara lisan dan lebih menyukai soal yang disertai gambar, (2) siswa bergaya belajar auditorial memiliki kemampuan literasi matematis rendah dan mampu menyelesaikan soal yang disampaikan secara lisan dan diberikan penjelasan singkat, karena siswa bergaya belajar auditorial  dapat menerima informasi dengan baik melalui pendengaran, memiliki kesulitan untuk menyerap informasi dalam bentuk tulisan, serta kesulitan merepresentasikan masalah, (3) siswa bergaya kinestetik memiliki kemampuan literasi matematis rendah, karena tidak mampu menyelesaikan secara penuh semua soal yang diberikan baik soal visual, lisan atau verbal, dan tidak dapat duduk dengan tenang ketika mengerjakan soal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Amal Pendidikan has an ISSN that is P-ISSN: 2746-4725 (printed version) and E-ISSN: 2721-3668 (electronic version). Jurnal Amal Pendidikan is published by the Faculty of Teacher Training, and education Universitas Halu Oleo with a period of three times a year in April, August and December. ...