Observasi awal di MAN 1 Kota Makassar ditemukan bahwa perangkat pembelajaran yang digunakan di sekolah masih bersifat tekstual dan kurang menarik. Teknologi pembelajaran berupa bahan ajar elektronik membuat para pendidik akan mudah melakukan simulasi pembelajaran yang mendekati kondisi nyata dari suatu materi pembelajaran yang perlu penalaran tinggi. LKPD elektronik dengan dasar pendekatan saintifik dapat membekali peserta didik dengan mengembangkan pemahaman yang baik sesuai dengan teori atau konsep ilmiah yang disajikan sebelum mengerjakan LKPD elektronik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD elektronik berbasis pendekatan saintifik yang bersifat valid dan praktis yang dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Hasil analisis menunjukkan kevalidan 4.45 yang berarti LKPD elektronik masuk ke dalam kategori “valid”. Untuk uji kepraktisan diperoleh nilai 96,5 % (sangat positif) oleh guru dan diperoleh nilai 87,43 (sangat positif) oleh peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa produk LKPD elektronik berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan bersifat valid dan praktis.
Copyrights © 2023