Buana Informatika
Vol 7 No 1 (2019): Buana Informatika

Peranan Lingkungan Pendidikan terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa pada Matakuliah MSDM di Akpar CBI Sukabumi

Tuti Lisnawati (AMIK Citra Buana Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2023

Abstract

Permasalahan penelitian yang dikaji adalah Penerapan Cooperative Learning Tipe Diskusi kelompok untuk Meningkatkan Prestasi Belajar mahasiswa.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap data tentang: (1) Perencanaan pembelajaran dengan penerapan cooperative learning tipe diskusi kelompok untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dalam matakuliah di Akpar Citra Buana Indosesia, (2) Pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan cooperative learning tipe diskusi kelompok untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dalam setiap matakuliah di LPL Citra Buana Indonesia, (3) Hasil pembelajaran dengan penerapan cooperative learning tipe diskusi kelompok untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dalam setiap matakuliah di Akpar Citra Buana Indosesia. Metodologi penelitian yang ditetapkan yaitu penelitian tindakan kelas(classroom reaseach). Penelitian ini dilaksanakan di Akpar. Citra Buana Indonesiua. Penelitian ini dilaksanakan di Diploma I dengan siswa berjumlah 35 orang mahasiswa. Peneliti juga menggunakan instrumen pembantu berupa pedomanwawancara, pedoman observasi, dan kajian dokumentasi, buku catatan, serta tape recorder. Prosedur pengolahan dan analisa data yang dilakukan peneliti yaitu teknik berfikir kritis-induktif. Prosesnya dilakukan melalui kegiatan reduksi data dan kategorisasi data. Tahap persiapan, guru mempersiapkan materi yang dirancang sedemikian rupa untuk pembelajaran secarakelompok. Tahap penyajian materi, kegiatan ini dalam pembelajaran cooperative learning tipe diskusi kelompok umumnya melalui penjelasan oleh guru, dalam tahap ini guru memulai pembelajaran dengan menyampaikan tujuan pembelajaran menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa. Tahap kegiatan kelompok, untuk kerja kelompok gurumembagikan modul kepada tiap mahasiswa dalam kelompok. Melalui kegiatan kelompok,tiap kelompok terbagi dalam menyampaikan tugas-tugas, guru bertindak sebagai guru yang memonitoring kegiatan masing-masing kelompok. Tes hasil belajar, setelah kegiatan kelompok dilakukan tes yang dikerjakan secara mandiri, agar siswa dapat menunjukkan apayang telah dipelajarinya.Skor perkembangan individu, bahasan dalam tahap ini adalah memberi kesempatan kepada setiap mahasiswa untuk meraih prestasi secara maksimal, dan agar mahasiswa dapat melakukan yang terbaik bagi dirinya berdasarkan prestasi sebelumnya. Pemahaman terhadap materi ekonomi koperasi yang diperoleh siswa melalui Cooperativelearning tipe diskusi kelompok, dapat membantu siswa dalam mengaplikasikan materi tersebut kedalam pemecahan masalah.Hasil belajar mahasiswa dalam materi ekonomi koperasi mengalami peningkatan setelah dilaksanakannya pembelajaran dengan menerapkan penggunaan cooperative Learning tipe diskusi kelompok. Pernyataan tersebut didasarkan atas hasilprestasi mahasiswa siklus dengan perolehan nilai rata-rata kelas sebesar 68,11 dan siklus II dengan perolehan nilai rata-rata kelas sebesar 82,49. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa melalui penggunaan metode cooperative learning tipe diskusi kelompok maka menghasilkan peningkatan pemahaman siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

bicbi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Buana Informatika adalah jurnal peer-review yang didedikasikan untuk promosi dan diseminasi penelitian ilmiah tentang Teknologi Informasi bidang Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi. Perhatian khusus diberikan pada karya-karya yang berhubungan dengan Teknologi Informasi bidang Manajemen ...