Perkembangan revolusi industri 4.0 dapat mempengaruhi tren konsumsi produk pangan untuk Generasi Y dan Z dalam memahami seberapa penting mengkomsumsi produk halal. Bagaimana Generasi Y dan Z membedakan produk halal dan menyikapi isu sosial terkini terkait tren konsumsi produk halal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Responden yang diambil secara acak mewakilkan dari berbagai umur dari kalangan Generasi Y dan Z (umur 19-28 tahun) sebanyak 10 orang. Data penelitian dikumpulkan secara kuantitatif sehingga didapatkan hasil perbandingan dari total jumlah responden. Teknik pengumpulan data melalui interview dan analisis data yang digunakan adalah analisa kualitatif. Generasi Y dan Z memahami pentingnya mengkonsumsi produk halal, namun tidak semua generasi memahami definisi produk halal yang sebenarnya jika ditinjau dari fisik (kemasan atau kondisi produk). Generasi Y dan Z terpengaruh terhadap isu sosial terkini terkait tren konsumsi produk pangan sehingga mempengarui daya konsumsi. Aktivitas juga mempengaruhi awareness terhadap produk halal. Generasi Y dan Z sudah memahami bagaimana pentingnya mengkonsumsi produk halal untuk diri sendiri dan syariat agama, namun belum sepenuhnya memahami makna produk halal yang sebenarnya jika ditinjau secara fisik pada kemasan atau produk pangan.
Copyrights © 2021