Riset ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran utuh terkait dengan peran kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam upaya internalisasi nilai-nilai kemandirian kepada peserta didik yang terjadi pada SMA Negeri Bikomi Utara. Metode penelitoan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripstif analisis dengan pendekatan kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) internalisasi nilai-nilai kemandirian peserta didik pada ekstrakurikuler pramuka melalui kegiatan baris berbaris, upacara, perkemahan sabtu minggu, lintas alam serta pengembangan keterampilan hidup; 2) internalisasi nilai-nilai moral kemandirian dilakukan melalui pembentukan sikap percaya diri, rasa tanggung jawab, kepemimpinan, kemampuan mengambil keputusan serta penyelesaian masalah (problem solving); 3) hambatan-hambatan dalam internalisasi nilai moral kemandirian melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka terdiri atas inkonsistensi beberapa angggota dalam berkegiatan, adanya keterbatasan dukungan sarana prasarana anggota pramuka serta antusiasme orang tua yang kurang dalam mendorong anak-anaknya mengembangkan diri pada kegiatan-kegiatan kepramukaan.
Copyrights © 2023