JURNAL ILMIAH MATEMATIKA (JIMAT)
Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT) Volume 4 Nomor 1 Juni 2023

Karakteristik Butir Soal Pas Matematika SMA Kelas X

Asmin Lukman (Universitas Bumi Hijrah Tidore)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2023

Abstract

Penilaian hasil belajar peserta didik dilakukan setelah selesai semester. Hasil tes seringkali disalahtafsirkan terkait kemampuan peserta didik. Akibatnya peserta didik yang berkemampuan tinggi akan menjadi rendah dan kemampuan rendah menjadi tinggi akibat instrumen yang digunakan tidak dapat memberikan informasi dengan baik. Penilaian akhir semester selalu dilakukan setiap ahkir pembelajaran selama satu semester. Hasil penilaian akhir semester akan dilakukan analisis butir soal untuk mengetahui apakah butir soal sudah sesuai atau belum. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana karakteristik butir soal yang digunakan dalam pelaksanaan tes penilaian akhir semester. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskkripsi kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA IT Albina Kota Ternate sebanyak 28 peserta. Instrumen pengumpulan data berupa lembar jawaban dan kunci jawaban. Jumlah butir soal yang dianalisis adalah sebanyak 20 butir soal pilihan ganda. Analisis data berupa analisis butir dengan pendekatan rasch model bantuan software winstep. Hasil analisis butir soal menunjukan bahwa terdapat 9 butir soal yang fit dengan model rasch. Butir dikatakan fit dengan model rasch apabila memenuhi kriteria nilai (MNSQ) 0,5 < MNSQ < 1,5 nilai (Pt Mean Corr) 0,4 < Pt Measure Corr < 0,85, dan Nilai Outfit Z-standard (ZSTD) -2,0 < ZSTD < +2. Tingkat kesulitan butir soal menunjukan bahwa butir dikatakan memenuhi kiteria apabilamemiliki tingkat kesukaran -2 ≤ b ≤ +2. Indeks kesukaran yang memenuhi adalah sebanyak 18 butir soal. Rata-rata kemampuan peserta didik dalam menjawab soal matematika adalah sebesar 6,9. Artinya bahwa kemampuan peserta didik dalam menjawab butir dengan benar masih cukup rendah. Fungsi informasi tes menunjukan bahwa tes dapat dikerjakan dengan baik oleh peserta didik yang memiliki kemampuan sedang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jimat

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika adalah terbitan berkala ilmiah (ISSN) yang menyajikan informasi-informasi terkini di bidang Pendidikan Matematika dan Sains Matematika, melalui artikel-artikel baik yang berbasis penelitian lapangan maupun kajian literatur. Melalui terbitan-terbitan ini, JIMAT ...