Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah siswa Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan mengalami peningkatan dalam pembelajaran renang gaya bebas menggunakan alat renang. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas. Indikator paling rendah dalam siklus I adalah koordinasi gerakan dan gerakan pengambilan napas. Hasil belajar siswa banyak yang tidak memenuhi KKM. Hasil analisis yang dilakukan berdasarkan data yang dikumpulkan menunjukkan bahwa hanya 17,85% (5 orang) dari 28 siswa yang memenuhi tingkat ketuntasan belajar di tes hasil belajar sebelum menerapkan alat swim board. Setelah alat swim board diberikan, hanya 50% (14 orang) dari 28 siswa yang memenuhi tingkat ketuntasan belajar di siklus I. Pada siklus II, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar menjadi 90% (25 orang) mencapai ketuntasan belajar dari jumlah keseluruhan 28 orang. Ini menunjukkan bahwa alat renang dapat meningkatkan hasil belajar renang gaya bebas.
Copyrights © 2023