Jurnal ABDIMAS Budi Darma
Vol 4, No 1 (2023): Agustus 2023

Pengajaran Bahasa Inggris Melalui Running Dictation Game di SMP Swasta Sinar Husni Medan

Risa Anggraini (Universitas Potensi Utama)
Reni Rosianna Lumbangaol (Universitas Potensi Utama)
Annisa Mahmud (Universitas Potensi Utama)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Mengetahui pentingnya kegunaan bahasa, siswa harus mampu menguasai bahasa Inggris supaya mereka bisa berperan dalam era globalisasi dimana hampir semua bidang industri menggunakan Bahasa Inggris. Hal ini berbanding terbalik dengan kemampuan bahasa Inggris siswa itu sendiri, banyak siswa tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik. Salah satu faktornya yaitu siswa merasa bosan dan tidak tertarik untuk belajar karena pengajaran yang dilakukan sangat monoton. Siswa merasa belajar bahasa Inggris itu sulit dan ditambah dengan cara mengajar guru yang tidak bisa menarik minat siswa. Salah satu solusi yang bisa dipilih yaitu dengan mengimplementasikan game (permainan). Running Dictation Game adalah salah satu tekhnik pembelajaran yang sangat dianjurkan untuk diaplikasikan oleh guru bahasa Inggris didalam kelas mereka. Ada 30 siswa kelas VIII.3 SMP Swasta Sinar Husni Medan yang terlibat sebagai peserta dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini. Berdasarkan hasil setelah dilakukan pengajaran menggunakan Running Dictation Game, siswa termotivasi untuk belajar Bahasa Inggris lebih giat lagi. Siswa merasa belajar Bahasa Inggris melalui Running Dictation Game ini sangat menyenangkan. Mereka merasa seperti sedang tidak belajar karena kegiatan pembelajaran berlangsung sangat seru.

Copyrights © 2023