TADRIS AL-ARABIYAT: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab
Vol. 3 No. 2 (2023): JULI 2023

Aplikasi Teori Generatif-Transformasi dalam Pembelajaran Nahwu di Pondok Pesantren Al-Hikmah Al-Fathimiyyah Malang

Luthfiyyatin Niswah (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2023

Abstract

Salah satu pembelajaran bahasa asing yang sering direlevansikan dengan teori transformatif generatif adalah bahasa Arab. Maka berdasarkan hal tersebut, dalam penelitian ini, peneliti mencoba menganalis bagaimana proses aplikasi teori transformatif generatif, dan kelebihan serta kekurangannya dari pengaplikasian teori tersebut terhadap pembelajaran Nahwu di Pondok Pesantren Al-Hikmah Al-Fathimiyyah Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data didapatkan dengan cara melakukan pengamatan terhadap keadaan dan kondisi dalam aplikasi teori transformatif–generatif dalam pembelajaran Nahwu. Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah bentuk aplikasi teori transformatif generatif di kelas wustha 2, guru memberikan tugas kepada santri untuk mengembangkan contoh-contoh berdasarkan materi yang telah diajarkan menggunakan Kitab Jurumiyah. Santri diminta untuk menuliskan beberapa contoh yang berbeda dengan tujuan selain mereka mampu memahami secara teori juga mampu mengaplikasikan teori tersebut dalam contoh-contoh sesuai kehidupan sehari-hari. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

arabiyat

Publisher

Subject

Education

Description

TADRIS AL-ARABIYAT: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab adalah Jurnal berkala yang diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi. Jurnal ini mengkhususkan pada kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab. TADRIS ...