Bullying merupakan tindakan yang merugikan dan berdampak buruk pada kesejahteraan siswa, serta dapat mempengaruhi kinerja akademik dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tingkat perilaku bullying yang terjadi pada pembelajaran di sekolah serta mengidentifikasi faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku bullying peserta didik. Penelitian ini, digunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif serta pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan formulir online angket skala psikologi. Populasi penelitian terdiri dari 72 peserta didik kelas IX di SMP Negeri 6 Semarang, dengan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian menggambarkan rata-rata sebesar 90,51 dan standar deviasi sebesar 8,429. Tingkat bullying menunjukkan angka 18,05% peserta didik termasuk dalam klasifikasi tinggi serta 81,95% termasuk dalam klasifikasi sedang dan tidak ada peserta didik yang termasuk dalam klasifikasi rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas peserta didik memiliki tingkat perilaku bullying sedang.
Copyrights © 2023